SOSIALISASI PENGEMBANGAN TANAMAN BAWANG MERAH DAN CABAI DI KECAMATAN BANYUASIN III DAN KECAMATAN AIR KUMBANG

CABE 2Pangkalan Balai – Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin Melaksanakan Sosialisasi Pengembangan Tanaman  sayur – sayuran berupa Bawang Merah dan Cabai yang dilaksanakan di Kecamatan Air Kumbang dan Banyuasin III(14/03/2017) dan (16/03/2017).

Kegiatan Sosialisasi ini melibatkan Petani/kelompok tani/Kelompok Wanita Tani, Gapoktan dan Penyuluh Pertanian, adapun narasumber kegiatan ini adalah tenaga ahli pelatihan di bidang hortikultura/sayur – sayuran dari Dinas Pertanian Kabupaten banyuasin.

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin Ir. Babul Ibrahim.

tujuan dari  Sosialisasi   ini  adalah :

  1. Peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tentang Manajemen Kelompok Tani
  2. Peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kelompok tani tentang Budidaya sayur – sayuran seperti bawang merah dan cabai (Teknik Produksi, pengeloaan hasil dan Pemasaran)
  3. Peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknik pembuatan pupuk organik
  4. Peserta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknik pembuatan dan pemanfaatan biopestisida dan pemanfaatannya pada tanaman sayur-sayuran seperti tanaman bawang merah dan cabai
  5. Peserta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pembuatan Demplot Tanaman Bawang Merah dan Cabai

Kepala Bidang Hortikultura H. Muzahadi, SP dalam sambutannya menjelaskan:

“Sosialisasi Pengembangan Tanaman Bawang Merah dan Cabai ” di  Kecamatan Air Kumbang dan Kecamatan Banyuasin III Kabupaten  Banyuasin merupakan salah satu pilot program pengembangan sayuran yang diselenggarakan oleh Bidang Holtikultura.  Sosialisasi  tersebut telah dirancang secara partisipatif oleh bidang holtikultura  sebagai upaya pengembangan usaha sayur-sayuran  di Kabupaten Banyuasin”.

Diharapkan setelah dilaksanakannya sosialisasi ini petani dapat menambah Pengetahuan dan ketrampilan petani dalam budidaya bawang merah dan cabai di kecamatan Air kumbang dan kecamatan Banyasin sehingga dapat mendorong petani untuk memperbaiki praktek berusahatani bawang merah dan cabai, Peserta sosialisasi semakin sadar bahwa usahatani bawang merah dan cabai sangat menguntungkan apabila usahanya  dikelola dengan baik, dengan sosialisasi ini petani dapat menyusun RKTL sebagai agenda kerja kelompok tani untuk lahan pertanian tanaman bawang merah dan cabai.

KEGIATAN DI KECAMATAN BANYUASIN III

cabe 4CABE BA 3

KEGIATAN DI KECAMATAN AIR KUMBANG

AIR KUMBANG 1AIR KUMBANG

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*