PANEN RAYA PADI DESA SEBALIK KECAMATAN TANJUNG LAGO

Tanjung Lago, Kepala Dinas pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Zainuddin, S.P., M.Si menghadiri acara Panen raya padi pada kegiatan Intergreted Participation Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP). Jum’at (04/02/2022)

Turut hadir, kepala pusat penyuluhan pertanian BPPSDMP Kementerian Pertanian, Dandim Banyuasin, Kepala Desa Sebalik, KA BPP Lampung, KA SMK SPPN Sembawa, Konsultan Regional 2 Manager IPDMIP.

Program IPDMIP di Kabupaten Banyuasin dilaksanakan di 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Rambutan dan Kecamatan Tanjung Lago. Pada Kecamatan Tanjung Lago Desa Sebalik merupakan Desa yang mendapatkan pembangunan Jaringan Irigasi melalui Program IPDMIP.

Pemerintah Kabupaten Banyuasin tetap menaruh perhatian lebih kepada seluruh petani dalam berbagai sektor. Maka dari itu, dalam tujuh program unggulan yang mana guna mewujudkan kabupaten banyuasin bangkit, adil dan sejahtera, ada yang namanya program petani bangkit, Dimana program IPDMIP merupakan salah satu program prioritas Banyuasin dalam petani bangkit bersama 12 gerakan.

Untuk mengawal demfarn program IPDMIP Desa Sebalik terdapat 1 orang penyuluh pertanian dan ditambahkan 1 penyuluh pendamping dan 1 staf lapangan. Pemberdayaan Petani melalui Demfarm padi merupakan upaya fasilitasi pembelajaran bagi kelompok tani melalui penerapan teknologi padi yang sudah teruji agar mampu menggunakan potensi yang dimilikinya dalam meningkatkan produksi dan produktivitas padi.
Pelaksanaan Demfarm menggunakan motto belajar melalui bekerja dan belajar dengan melihat (learning by doing and learning seeing)”, dilakukan dengan menerapkan beberapa metode penyuluhan salah satunya FFD (Farmers Field Days).

Penggunaan teknologi tanam jajar legowo dan Tabela serta penggunaan pupuk sesuai dosis anjuran pada Demfarm dengan tujuan adanyan peningkatan produktivitas padi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa program Demfarm Padi pada Kelompok Tani Sumber Harapan , Desa Sebalik Kecamatan Tanjung lago ini BERHASIL.
Sebagai tindak lanjut Program IPDMIP maka kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan nilai dan keberlanjutan pertanian beririgasi, serta dengan sasaran adanya peningkatan ketahanan pangan dan pendapatan masyarakat pedesaan di Indonesia.

Program IPDMIP dilaksanakan untuk mendukung terlaksananya Program Pertanian Beririgasi di Indonesia sesuai dengan Program NAWACITA Presiden Republik Indonesia dan Sejalan dengan program Bupati Banyuasin yaitu Petani Bangkit.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*